-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Cara, Syarat dan Biaya Mengurus e-KTP yang Hilang

Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau disebut dengan E-KTP merupakan bentuk ID penduduk terbaru Negara Indonesia . E-KTP ini merupakan program pemerintah yang berfungsi untuk menghindari kepemilikan KTP ganda, yang mana dapat membantu dalam ketepatan pemerintah untuk penghitungan populasi penduduk Negara guna mendukung program pembangunan suatu Negara. Pasti Anda sudah mempunyainya, benar bukan?

Jika dulu bentuk KTP hanya berbentuk selembar kertas saja, dan jika hilang bisa membuatnya lagi dengan waktu yang singkat. Nah, bagaimana jika E-KTP hilang? Terus bagaimana cara mengurus E-KTP yang hilang? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda yang mempunyai kasus seerti ini.

e-ktp

Pada dasarnya, prosedur pengurusan E-KTP yang hilang telah diatur pada peraturan Presiden nomor 25 tahun 2008 yakni tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Cara mengurus e-ktp yang hilang


Syarat Pembuatan KTP Elektronik yang Hilang.

Jika KTP Anda hilang hal pertama yang harus dilakkukan adalah mengurus surat-surat untuk keperluan mendaftar E-KTP ulang. Adapun persyratan ini telah diatur sesuai Pasal 16 ayat (1): Penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk Warga Negara Indonesia atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
  1. Fotokopi (KK) Kartu Keluarga.
  2. Syarat lain yang tidak ada dalam Perpres tapi Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Persyaratan lain:

  1. Pas foto 4x6  dengan baground biru jika tahun kelahiran Anda adalah genap dan Pas foto ukuran 4 x 6 dengan background merah jika tahun kelahiran Anda adalah ganjil.
  2. Pas foto ukuran 4x6 atau 3x4 untuk lampiran diKantor Kelurahan
  3. Fotokopi KTP dahulu  jika masih ada.
Siapkan semua persyaratan diatas saat mengurus E-KTP yang Hilang.

Dalam prosedur mengurus E-KTP yang hilang secara kronologis sudah di atur dalam 17 ayat (1) sampai dengan (4) sebagai berikut:
  1. Setelah Anda mendapat surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian, segera meminta surat pengantar dari RT dan RW daerah setempat.
  2. Setelah itu datang ke Kantor desa, dan Minta Formulir pendaftaran E-KTP kepada pegawai dengan menyerahkan surat pengantar dari RT dan RW dan setempat yang sudah di tandatangani.
  3. Setelah formulir pendaftaran di register dan ditandatangani oleh kepela desa atau lurah, segera bawa  berkas persyaratan dari kepolisian dan foto kopi KK ke kantor kecamatan.
  4. Setelah tiba di kantor kecamatan, tumpuk berkas pada tempat yang sudah disediakan untuk pembuatan E-KTP, namun di beberapa daerah mungkin langsung dilayani secara cepat. Tergantung deaerah masing-masing.
  5. Setelah megumpulkan berkas pembuatan E-KTP yang hilang, anda Akan diberi tahu petugas kapan harus mengambil E-KTP yang sudah jadi dapat diambil.

Biaya Pengurusan e-KTP yang hilang.

Sebenarnya untuk biaya pembutan E-KTP yang hilang adalah GRATIS, namun setiap daerah berbeda-beda kebijakannya, tetapi pada umumnya ada juga yang meminta kepada yang berkepentingan mengurus KTP yang hilang dengan mengisi kotak kas. Itupun kas untuk kepentingan bersama atau kas desa.

Previous
Next Post »

4 komentar

Wong Crewchild delete September 25, 2015 at 6:04 AM

penting ini, makasih mas
repot kalo hilang, ngurusnya yang bikin males, kadang dibikin ribet

herminla delete January 26, 2016 at 4:37 PM

MO TANYA..KALO BLM PERNAH PUNYA EKTP & ORGNYA ADA DILUAR NEGRI, ITU GIMANA YA??

Al Fikri delete February 19, 2016 at 3:25 PM

Orangnya harus pulang ke dalam negri dulu gan :)

Al Fikri delete February 19, 2016 at 3:25 PM

Bener sekali tuh, jangan sampai ilang aja deh KTP itu

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *