-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Perbandingan Antara Pancasila Dengan Ideologi Negara

Hallo... sudah lama sekali tidak berjumpa, langsung saja kita simak tentang Perbandingan Antara Pancasila Dengan Ideologi Negara

disini saya tidak akan panjang lebar, soalnya lagi kurang mood untuk nulis, jadi sebagai perbandingan, berikut ini diuraikan dua ideologi lain, apa sajakah itu? mari kita simak ideologi liberalisme dan komunisme.

1. Liberalisme
Intinya pelajaran liberalisme ini bertitik tolak dari paham individualisme yang menitikberatkan pada kebebasan perseorangan atau per Individu. Paham demikian ini tidak sesuai dengan pancasila, yang memandang manusia sebagai makhluk individu atau Pribadi sekaligus sebagai makhluk sosial.

Sebab itulah Pancasila memandang bahwa dalam kehidupan bermasyarakat wajib menyelaraskan kepentingan pribadi dengan kewajiban kepada masyarakat.

Paham liberalisme ini menganut paham sekuler , yaitu paham yang memisahkan masalah agama dari urusan pemerintah dan Negara. Hal ini sangat tidak sesuai dengan pancasila, yaitu tepatnya pada sila pertama, Ketuhanan yang maha Esa. Disini telah dijelaskan bahwa negara wajib mengikuti menciptakan kondisi yang dapat mendorong berkembangnya kehidupan dan juga kepercayaan terhadap ketuahan yang maha Esa.

2. Komunisme
Yang kedua adalah Komunisme. Perlu anda ketahui, bahwa komunisme ini bersifat atheis yang artinya adalah anti tuhan yang tidak percayanya adanya tuhan. Hal ini sangat bertentangan sekali dengan pancasila, khususnya sila pertama " Ketuhanan Yang Maha Esa ". Pada dasarnya masyarakat komunis adalah masyarakat dunia yang tidak dibatasi oleh kesadaran nasional. Komunis ini bersifat Internasional dan Menolak nasionalisme.
Pancasila

Secara ringkas, heru Santoso didalam bukunya Sari Pendidikan Pancasila yang menggambarkan perbandingan Ideologi-ideologi tersebut sebagai berikut ini:

No
Komunisme
Pancasila
Liberalisme
1.
Atheis
Monotheisme
Sekuler
2 .
HAM diabaikan
HAM dilindungi tanpa melupakan kewajiban asasi
HAM dijunjung secara mutlak
3.
Nasionalisme ditolak
Nasionalisme dijunjung tinggi
Nasionalisme diabaikan
4.
Keputusan ditangan pimpinan partai
Keputusan melalui musyawarah atau pungutan suara
Keputusan melalui Voting
5.
Dominasi partai
Tidak ada Dominasi
Dominasi mayoritas
6.
Tidak ada oposisi
Ada oposis dengan alas an
Ada Oposisi
7.
Tidak ada perbedaan
Ada perbedaan pendapat
Ada perbedaan pendapat
8.
Kepentingan Negara
Kepentingan seluruh rakyat
Kepentingan mayoritas.

Apabila dilihat dari perbandinga tersebut, tampak jelas sekali bahwa ideologi pancasila mencerminkan adanya keseimbangan dan keserasian dalam berbagai aspek kkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dari sebab itu seluruh komponen bangsa, mulai dari pemimpin sampai kepada rakyatnya, harus mampu memahami dan mempertahankan ideologi nasional Pancasila.

Demikianlah artikel saya kali ini yang telah membahas Perbandingan Antara Pancasila Dengan Ideologi Negara semoga bisa membantu anda semua. Kalau ada kesalahan saya mohon maaf.

Previous
Next Post »

2 komentar

Rianda Prayoga delete October 12, 2014 at 7:32 PM

Komunis ini paham yg gak bagus ya brarti.. Dahulu waktu perang dunia, ada lagi paham fasis yg lebih bahaya.

Tapi tetap aja, Pancasila yg lengkap. Cocok banget buat Indonesia

Kate Libby delete October 12, 2014 at 8:45 PM

ijin berkomentar dulu, baru membaca hehe

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *