-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

Menurut dari sumber yang saya dapatkan di Wikipedia, Mitos (bahasa Yunani: mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya,

serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.

PENGERTIAN MITOS MENURUT AHLI:

Ahimsa Putra - Mitos adalah cerita aneh yang seringkali sangat sulit untuk dipahami maknanya atau diterima kebenarannya, karena kisah yang ada didalamnya tidak masuk akal ataupun tidak sesuai dengan apa yang telah kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

William A. Haviland - Mitos menurutnya adalah cerita mengenai pristiwa semihistoris yang menerangkan masalah akhir dikehidupan manusia.

Levi Strauss - Menurutnya mitos adalah suatu warisan dalam bentuk cerita tertentu dari tradisi lisan yang mengisahkan manusia pertama, binatang, dan lainnya yang berdasarkan suatu skema logis yang didalamnya terkandung mitos itu dan yang memungkinkan kita menintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu kostruksi sistematis.

Chremers - Menurut Chremers mitos adalah cerita suci yang berbentuk simbolik yang mengisahkan serangkaian peristiwa nyata yang menyangkut asal-usul dan perubahan alam raya dunia, kekuatan-kekuatan atas kodrati manusia, dan masyarakat.

Gambar Lucu
BEBERAPA CONTOH-CONTOH MITOS:
  1. Tertimpa cicak tandanya sial.
  2. Wanita tidak boleh duduk didepan Pintu " Pamali ".
  3. Apabila memakai payung didalam rumah berarti nantinya akan sial.
  4. Jangan Bersiul pada malam hari karena akan mengundang setan.
Oke, mungkin itu saja dari saya tentang Pengertian dan contoh-contoh mitos yang telah saya ambil dari berbagai sumber dipenjuru dunia (ceileehh) demikianlah postingan saya kali ini, semoga dengan ini bisa menambah wawasan tentang pengetahuan pengertian Mitos.

Previous
Next Post »

44 komentar

Arif Maulana delete October 19, 2014 at 9:05 AM

Setiap orang memang boleh mengeluarkan pendapatnya masing masing

Raja Online delete October 19, 2014 at 12:13 PM

Benar sekali itu gann.. :)

Mbah dinan delete October 19, 2014 at 1:21 PM

mitos ini banyak sekarang dipercaya oleh masyarakat indonesia. padahal mitos itu cerita yang diragukan kebenarannya dan itu bersifat multi edukasi tergantung dari cara memandangnya. ok gan muantab. mahesa (makin hebat saja) buat multi ajaib. makasih dan salam sahabat blogger. :D :)

Raja Online delete October 19, 2014 at 1:36 PM

Iya... sebenarnya ada juga sih MITOS yang memang benar, tapi itu jarang sekali menurut saya. :)

Muhammad Zeer El-Watsy delete October 19, 2014 at 1:59 PM

nabrak kucing akan mendapatkan sialll

yanto cungkup delete October 19, 2014 at 2:01 PM

saya mah setuju dengan pendapat Levi Strauss mas

yanto cungkup delete October 19, 2014 at 2:03 PM

tergantung kita sendiri mas,jika percaya maka kemungkinan juga bisa terjadi

Comtel Cell delete October 19, 2014 at 2:24 PM

kaolau diamati mitos ini mirip dengan kepercayaan yia

Raja Online delete October 19, 2014 at 2:32 PM

Benar sekali tuh kata mas yantoo, kalo kita percaya akan suatu hal, gimana pun itu akan bisa terjadi

Raja Online delete October 19, 2014 at 2:32 PM

Itu salah satu contoh Mitos ya gan..
tapi sepertinya untuk sampai saat ini, itu benerr jugaa yaa

Raja Online delete October 19, 2014 at 2:33 PM

Sipp.. kalo saya sih setuju sama yang semua nya hehehe :D

Raja Online delete October 19, 2014 at 2:34 PM

Gak menurut saya sih, gak mas comtel ^_^

mi hawk delete October 19, 2014 at 3:06 PM

Chremers pendapatnya beda tips sama gw gan :)

Raja Online delete October 19, 2014 at 3:23 PM

Mungkin kamu saudara chamers ya gan hehehee ....

Dede Thea delete October 19, 2014 at 4:22 PM

saya termasuk orang yang tidak percaya sama yang namanya mitos ini, jadi sangat setuju dengan pendapatnya :Ahimsa Putra - " Mitos adalah cerita aneh yang seringkali sangat sulit untuk dipahami maknanya atau diterima kebenarannya, karena kisah yang ada didalamnya tidak masuk akal ataupun tidak sesuai dengan apa yang telah kita temui dalam kehidupan sehari-hari "

Raja Online delete October 19, 2014 at 4:28 PM

Yups, betul sekali mas....
semua orraangg itu berbeda-beda pendapat :)

siti aminah delete October 19, 2014 at 6:26 PM

Baca pengertian mitos menurut para ahli di blog mas fikry :D

Raja Online delete October 19, 2014 at 6:40 PM

Selamat membaca mba siti ;)

Aldino Sya delete October 19, 2014 at 6:40 PM

mitos memang sering dikaitkaitkan dgn tingkah laku..kita..!, benar tidaknya,..semua dari org yg pernah mengalaminya..hehehe

Raja Online delete October 19, 2014 at 7:12 PM

Ciee..... :D
tapi bener juga sih kata mas Aldino

Kang Ucup delete October 19, 2014 at 7:23 PM

mitos, kalau dari pandangan saya kok mitos itu mirip seperti merk hape ya mas :D

Raja Online delete October 19, 2014 at 7:29 PM

Ittuu mah,, Hp MITO kang Ucuppppp :ng

paridah delete October 19, 2014 at 9:09 PM

mitos kadang menyangkut soal keyakinan n kepercayaan...

Raja Online delete October 19, 2014 at 9:43 PM

Kadang seperti itu juga ya mba

Mus Djono delete October 19, 2014 at 10:09 PM

kalau makan sebelum tidur bikin seger bangun tidur itu mitos juga bukan ya

Dani Maulana delete October 20, 2014 at 12:13 AM

Bagaiman menyikapi mitos yang sudah terlanjur berakar dikebudayaan masyarakat Indonesia. Andai mitos bisa didaftarkan hak ciptanya di UNESCO

Ehwansah Jailani delete October 20, 2014 at 2:15 AM

menurut pendapat saya sih jangan terlau percaya banget dengan namanya mitos... apalagi kata orang tua dulu. duulluuu bangettt... "Wanita tidak boleh duduk didepan Pintu " Pamali "" yaa ngapain juga wanita duduk didepan pintu nantu orang masuk yaa susah lah.. terus kalau ada orang lihatkan gak bagus juga wanita kog duduk-duduknya depan pintu.

#moga admin ngerti hehe

Abu Zaini delete October 20, 2014 at 5:32 AM

Trus kalo pengertian mitos menurut para blogger ada tak?

Raja Online delete October 20, 2014 at 5:46 AM

Menurut mas Djono gimana hehehe :D

Raja Online delete October 20, 2014 at 5:47 AM

Kita hanya bisa berandai-andai saja

Raja Online delete October 20, 2014 at 5:48 AM

Tapi kayaknya ada deh, mitos yang saat ini, masih bisa dipercaya..

Raja Online delete October 20, 2014 at 5:48 AM

Mungkin itu, hanya mas Abu Zaini yang bisa memberikan pengertian nya hehe

Ipah Kholipah delete October 20, 2014 at 8:08 AM

sampai sekarang mitos itu masih banyak yang bilang kalo duduk di dpan pintu itu gaboleh jodohnya bakalan balik lagi katanya ..
tapi kan paling enak duduk di depan pintu :), termasuk saya juga suka :v

Indra DP delete October 20, 2014 at 10:04 AM

kadang2 banyak mitos yg aneh2 ya mas,,

Raja Online delete October 20, 2014 at 10:13 AM

Hehehe.. iya, duduk didepan pintu itu enak ya, tapi itu dia hehehe :D bisa gak dapet jodoh wkwk

Raja Online delete October 20, 2014 at 10:13 AM

Iya mas... banyak sekali mitos-mitos yang aneh...

Kang Muroi delete October 20, 2014 at 10:15 AM

jaman sudah semakin maju, namun tak dipungkiri masih banyak manusia di belahan bumi ini yang masih percaya dengan hal-hal yang berbau mitos ini....

Thanjawa Arif delete October 20, 2014 at 10:22 AM

mitos biasanya bergandengan dengan yang berbau mistis-mistis itu ya

HeQris delete October 20, 2014 at 1:47 PM

kalau saya ini, orang yang paling tidak percaya dengan mitos mas :)

Raja Online delete October 20, 2014 at 2:35 PM

Iya Kang benar sekali itu :)

Raja Online delete October 20, 2014 at 2:35 PM

Sebagian besar mungkin seperti itu sih mas...

Raja Online delete October 20, 2014 at 2:36 PM

Tapii ada juga Lo mitos yang selama ini kebenarannya masih dipertanyakan hehe

Ai Wida delete October 31, 2014 at 11:06 AM

Setuju sama komennya mas yanto (y)

Ai Wida delete November 19, 2014 at 9:06 AM

Katanya kalau duduk di depan pintu bakal susah dapet jodoh mitosnya, tapi menurut saya kalau ada yang duduk di depan pintu itu menghalangi saya kalau mau masuk/keluar rumah :D wkwkwk

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *