-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Pengertian Drama dan Jenis-jenis Drama

Siang ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian drama, apa itu drama? Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan tujuan untuk dipertunjukkan oleh aktor tertentu.

Teater atau Pementasan naskah drama, ini dapat dikatakan apabila drama berupa cerita yang diperagakan para pemain yang ada dipanggung.

Kemudian, dalam pengertian kita, yang dimaksud drama yaitu cerita yang diperagakan dipanggung berdasarkan naskah yang ada.

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang jenis-jenis drama ya. Nah, disini ada beberapa jenis-jenis drama yang tergantung dasar yang digunakannya. Didalam pembagian jenis drama ini, biasanya digunakan tiga dasar, yaitu :  berdasarkan sarana, berdasarkan lakon drama,berdasarkan naskah drama, dan berdasarkan penyajian lakon. Drama ini dapat dibedakan menjadi delapan jenis, yaitu:
Pengertian dan jenis drama
Pengertian Drama
#Drama tagedi
Ini adalah drama yang bercerita tentang kesedihan, penuh kemalangan.

#Drama Tragedi Komedi
Drama ini termasuk drama sedih tetapi ada juga lucunya.

#Drama Komedi
Bisa kita lihat dari namanya "komedi" yang pasti drama ini penuh dengan keceriaan, kelucuan.

#Opera
Ini adalah drama yang mengandung musik dan nyanyian.

#Lelucon / Dagelan
Lelucon adalah drama yang lakonnya selalu bertingkah pola jenaka merangsang gelak tawa penonton.

#Operet / Operette
Operet adalah opera yang ceritanya lebih pendek.

#Pantomim
Pantomim adalah drama yang ditampilkan dalam bentuk gerakan tubuh atau bahasa isyarat tanpa pembicaraan.

#Tablau
Tablau adalah drama yang mirip pantomim yang dibarengi oleh gerak-gerik anggota tubuh dan mimik wajah pelakunya.

#Passie
Passie adalah drama yang mengandung unsur agama / relijius.

#Wayang
Wayang adalah drama yang pemain dramanya adalah boneka wayang. Dan lain sebagainya.

Nah, dari perbedaan dan pengertian drama diatas, mungkin kalian bisa mengambil kesimpulannya sendiri, apa sebenarnya pengertian drama menurut anda, yang jelas, untuk perbedaan drama sudah saya tuliskan diatas itu. Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga artikel saya yang berjudul Pengertian dan jenis-jenis drama bisa memberikan manfaat kepada kalian semua.

Previous
Next Post »

23 komentar

Wawan Andika delete October 20, 2014 at 4:00 PM

gan ane mau tanya, caranya buat recent tabel, yang di home paling bawah itu gimana caranya? template ane evo magz gan

Raja Online delete October 20, 2014 at 4:22 PM

1. Pergi ke menu Tata Letak
2. Tambah Gadget
3. HTML/Javascipt
4. Tambahkan kode dibawah ini

<script>
document.write('<div class="recent-post-title"><h2><a href="/search/label/Pendidikan?max-results=10">Artikel Pendidikan</a></h2></div>');
document.write("<script src=\"/feeds/posts/default/-/Pendidikan?orderby=updated&alt=json-in-script&callback=labelthumbs\"><\/script>");
</script>


silahkan anda sesuaikan sendiri :-d

Ainnul Yaqin delete October 20, 2014 at 6:58 PM

wahh boleh juga nih gan ilmu mengenai pengetauan seputar dramanya boleh saya copy buat adik saya ? :)

siti aminah delete October 20, 2014 at 7:58 PM

ternyata banyak juga ya jenis drama

Arif Maulana delete October 20, 2014 at 8:05 PM

kalau saya lebih suka ke wayang gan..

Raja Online delete October 20, 2014 at 8:05 PM

Silahkan mba... dengan senang hati :)

Raja Online delete October 20, 2014 at 8:05 PM

Iya mmba... memang jenis-jenis drama itu sangat banyak sekali

Raja Online delete October 20, 2014 at 8:07 PM

Saya juga seperti itu gan hehee.. berarti kita sama dong :D

Apk Baru delete October 21, 2014 at 7:19 AM

walah, ternyata banyak juga ya, macam-macam drama itu,, baru tau saya :D

Raja Online delete October 21, 2014 at 8:27 AM

Hehehe.. iya om :D
Macam-macam drama itu memang banyak sekali

santika fadilah delete October 21, 2014 at 9:30 AM

aku baru tau nih ada nama drama Tablau dan passie juga pengertianya, makasih yaa

Nathalia Diana Pitaloka delete October 21, 2014 at 3:00 PM

jadi inget pelajaran bahasa indonesia :D

Em Albar delete October 21, 2014 at 3:56 PM

wah jujur saya baru tau, kiraen drama ya sejenis film romantis aja begitu

Raja Online delete October 21, 2014 at 5:56 PM

Sama-sama, semoga bermanfaat

Raja Online delete October 21, 2014 at 5:56 PM

Nostalgia gituu ya mba hehehe

Raja Online delete October 21, 2014 at 5:57 PM

Hehehe.. kalo drama sejenis film Romantis gitu juga ada gan :)

Muhammad Musa Fitriyadi delete October 21, 2014 at 7:34 PM

artikel nya keren gan,.
ane baru tau kalo drama itu banyak jenis-jenis nya,.
oiya jangan lupa baca juga nih Pengertian Simulasi Digital Lengkap

Arie Gondes delete October 21, 2014 at 7:35 PM

Dari sekian jenis drama,yang terakhir dan Drama Komedi aja Mas yang paling saya suka

Raja Online delete October 21, 2014 at 7:36 PM

Wuahahaha :D

Raja Online delete October 21, 2014 at 7:36 PM

Pasti karena drama komedi bisa buat ketawa ya mas arie hehehe

Ehwansah Jailani delete October 22, 2014 at 7:33 AM

mang sih drama itu banyak jenis-jenisnya... semua drama sih saya suka mas.. aslkan jangan sampai membosan itu drama...

Raja Online delete October 22, 2014 at 8:25 AM

Iya... kalau kita ngerti tentang drama tersebut kita akan suka deh tentu

Dewii Sumiyati delete March 30, 2015 at 9:26 AM

Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
http://goo.gl/NMk14a

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *