-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Mungkin hari ini saya akan memberikan informasi tentang Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia disini akan ada berbagai macam kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia.

Pelanggaran HAM mungkin sudah sering terjadi di Indonesia bahkan diluar negeripun juga pasti ada yang namanya pelanggaran HAM baik itu yang dilakukan oleh masyarakat, pemerintah, dan aparat keamanan juga bisa melakukan pelanggaran HAM. Perbedaan pendapat atau konflik sosial saat ini sangatlah memprihatinkan. Banyak sekali korban yang berjatuhan akibat kerusuhan tersebut.

Misalnya korban hilang diberbagai kerusuhan di ambon, aceh, papua, jakarta ini diperkirakan 1148 orang hilang dalam waktu 1965 - januari 2002. Kelihatannya keprihatinan ini belum berhenti sampai dipristiwa tersebut. Pristiwa ledakan BOM oleh kelompok teroris di Lgian kuta Bali 12 November 2002, yang telah memakan korban meninggal dunia sekitar 180 orang dan ada ratusan orang terluka. Yang menjadi korban hanya orang Indonesia, bahkan banyak turis mancanegara yang datang sebagai tamu di Negara Indonesia yang harusnya kita hormati dan kita jamin keamanannya.

Fenomena lainnya juga mengundang kprihatinan kita didalam kehidupan sehari-hari kita banyak anak dibawah umur bekerja mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Banyak pengamen jalanan, menjadi buruh, dan masih banyak lagi pekerjaan yang tidak patut. Anak-anak tersebut telah kehilangan kebebasan sebagai anak yang seharusnya menikmati masa kanak-kanaknya maupun untuk mengembangkan potensinya dan harus meninggalkan bangku sekolah.

Macam Macam Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Pertama, Kasus Universitas Muslim Indonesia (UMI)
Ujung Pandang, 26 Apr 1996. Kerusuhan itu bermula dari aksi unjuk rasa mahasiswa UMI terhadap naiknya tarif angkutan kota (pete-pete) yang sangat memberatkan kalangan pelajar maupun mahasiswa yang dikenal aturan dari yang telah ditetapkan mentri perhubungan dengan jumlah angka sebesar Rp. 100,- tetapi, aparat keamanan tersebutpun bersifat represif dalam menghadapi pengunjuk rasa itu sehingga pecah insiden berdarah yang menimbulkan korban jiwa dari pihak mahasiswa dengan cara menembakkan peluru tajam sehingga berjatuhanlah korban-korban jiwa.

Kedua, Kasus Marsinah
Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Kasus marsinah
Kasus Marsinah ini berawal dari unjuk rasa dan pemogokan yang telah dilakukan buruh PT. CCPS tanggal 3-4 mei 1993. Aksi ini mengikuti dengan PHKnya 13 Buruh. Marsinah telah menuntut dicabutnya PHK yang telah menimpa teman-temannya tersebut. Di tanggal 5 Mei 1993 Kemudian Marsinah menghilang, dan akhirnya tanggal 9 mei 1993 marsinah ini telah ditemukan tewas dengan kondisi yang tidak wajar dihutan wilangan nganjuk.

Ketiga, Kasus pembunuhan Tengku Bantaqiah, 23 Juli 1999
Ia adalah seorang ulama yang terkemuka di Aceh. Kasus ini berawal dari adanya sejumlah senjata disalah seorang tokoh Daya Bale. Guna mendalam Info tersebut di tanggal 23 juli 1999, Danrem menugaskan kasih intelnya untuk melaksanakan penyelidikan. Ternyata Operasi ini dapat mengakibatkan pengikut tengku Bataqiah ditembak oleh polisi setempat. 51 orang yang termasuk diantaranya adalah tengku Bantaqiah juga ikut meninggal. ada 24 angggota TNI dinyatakan sebagai tersangka, didalamnya juga termasuk Lekol Inf Sudjono.

PELANGGARAN HAM YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

Contoh-contoh pelanggaran HAM yang telah dilakukan oleh masyarak utamanya tampak pada berbagai kasus dan juga perbedaan pendapat dari berbagai daerah tentunya, seperti kasus Tasikmalaya, papua, ambon, Sanggauledo, dan Poso.

Apabila kita amati didalam kehidupan sehari-hari kasus pelanggaran seseorang atau masyarakat salahsatunya perbuatan main hakim sendiri, seperti pengeroyokan kepada orang yang dituduh atau tertangkap basah melakukan kejahatan hingga dikroyok sampai tidak bernyawa lagi.

Hal ini pastinya sangat memprihatinkan sekali, karena ini mencontohkan suatu kehidupan yang tidak beradab yang mestinya didalam menyelesaikan persoalan dilakukan dengan cara yang baik dan bermartabat seperti mengacu pada aturan main yang berlaku, perdamaian ataupun bisa melalui lembaga-lembaga yang sudah ada.

Previous
Next Post »

8 komentar

Albarnation delete October 6, 2014 at 2:11 PM

banyak ya kasus pelangaran dan sampai saat ini belum di usut tuntas

Raja Online delete October 6, 2014 at 2:31 PM

iya, banyak sekali kasus-kasus pelanggaran HAM :)

Ipah Kholipah delete October 6, 2014 at 3:38 PM

ijin membaca aja ya mas hehehe

Raja Online delete October 6, 2014 at 3:52 PM

Silahkan mba :)

Kate Libby delete October 6, 2014 at 7:10 PM

Saya baca dulu gan hehe

Raja Online delete October 6, 2014 at 8:30 PM

Silahkan mas ;)

Rianda Prayoga delete October 7, 2014 at 8:13 AM

Trnyata banyak ya pelanggaran ham di Indonesia. Dan beberapa ada yg blum trungkap..

Raja Online delete October 7, 2014 at 10:25 AM

Iya mas...
memang banyak sekali kasus pelaggaran HAM..

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *