-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Bentuk-bentuk Tindakan Korupsi

Korupsi banyak sekali terjadi dimana saja, salahsatunya di negara kita tercinta ini sendiri yaitu negara Indonesia.

Sudah saya banyak sekali saya jelaskan pada postingan sebelumnya semua tentang korupsi, tetapi menurut saya ini belum apa-apanya, kita semua harus tahu dan juga memahami apa itu korupsi, apa saja bentuk-bentuk korupsi itu sendiri.

Berdasarkan Ciri-ciri korupsi yang telah saya bahas sebelumnya tadi, ada begitu banyak ragam juga bentuk dan cara orang melakukan korupsi ini, baik dalam skala besar maupun skala kecil. Bentuk-bentuk korupsi tersebut diantar lain adalah sebagai berikut.
Bentuk-bentuk tindakan korupsi

1. Pungutan liar atau (Pungli)

Dengan melakukan pungutan-pungutan liar diluar ketentuan yang telah ditentukan, ini adalah tindakan korupsi. Misalnya ada seorang petugas memungut kepada kendaraan umum yang sedang lewat, tidak berdasarkan ketentuan peraturan yang telah berlaku, tetapi demi kepentingan diri dan juga kelompoknya saja.

2. Penyuapan

Memberikan uang kepada pejabat dan aparat pemerintah atau biasa disebut dengan Penyuapan ini adalah salah satu bentuk dari tindakan korupsi. Dengan maksud agar urusan dan kepentingannya dapat terselesaikan dengan cepat, walaupun kurang memenuhi syarat dan juga proedurnya. 

3. Komersial Jabatan

Menggunakan jabatan demi keuntungan finansial yang digunakan untuk kepentingan sendiri atau pribadi ataupun Geng atau kelompoknya adalah komersial jabatan. Hal ini pasti sangat melanggar ketentuan yang telah berlaku, dan lebih parahnya lagi jabatan tersebut diamanahkan kepadanya demi kepentingan bangsa dan Negara.

4. Jual Beli Suara Dalam Pemilihan Umum

Pada poin nomor empat ini pasti sudah sering anda mendengarnya, karena ini telah beredar dimana-mana. Jual beli suara atau biasa disebut dengan politik uang (Money politics) didalam pemilihan umum, baik itu dalam pemilihan presiden, gubernur, bupati, dst. Dengan maksud membrikan uang untuk mendapatkan suara kepada orang yang telah diberikan uang tersebut.

5. Memperbesar Harga Dari yang Sebelumnya

Mark-Up barang yang telah dibeli pemerintah atas kesepakatan aparatur pemerintah dengan pihak penjual, dengan maksud selisih harga yang sebenarnya dengan harga yang telah dinaikkan menjadi keuntungan pribadi ataupun kelompok aparatur pemerintah yang terkait juga merupakan salahsatu tindakan Korupsi yang telah merugikan keuangan Negara.

Yups.. Mungkin itulah Bentuk-bentuk tindakan korupsi yang perlu kalian ketahui, jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang korupsi anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Pengertian Korupsi, semoga artikel ini bisa membantu anda semua.

Previous
Next Post »

19 komentar

Devy Indriyani delete October 8, 2014 at 11:18 PM

namanya juga INDONESIA siapa yang berduit akan kebal terhadap segalanya, sehingga banyak yang menghalalkan cara agar bisa seperti itu, sekalipun itu merugikan pihak lain (korupsi).

sudah tahu harga 5rb sudah dapat untung, tetapi karena takut pasti pembeli akan menawar, jadi mau gak mau harga jadi naik menjadi 15rb. sehingga kalau pembeli menawar harga sampai 5 rb, si penjual tidak akan rugi. hehe...(korupsi kan..!!?)

Mbak Susi delete October 8, 2014 at 11:30 PM

Berharap akan masih banyak orang baik dinegeri yg kita cintai ini :)

Arif Maulana delete October 9, 2014 at 6:37 AM

Koropsi membuat negara menjadi terkikis.

Kang Ucup delete October 9, 2014 at 7:21 AM

kalau ngomongin korupsi saya jadi eneg mas, bagaimana tidak...menteri agama saja korupsi, ketua MA juga korupsi..beberapa menteri juga . dan lain, dan lain saking banyaknya. rusak...rusak....negara kok seperti lagi ada lomba korupsi :D

Ipah Kholipah delete October 9, 2014 at 7:44 AM

ijin membaca hehe soalnya kurang ngerti tentang politik :p

Haris Luqman Hakim delete October 9, 2014 at 8:02 AM

Korupsi waktu juga bisa lho..
Di Indonesia korupsi bukan menjadi hal yang tabu lagi, tiap hari berita juga udah ngebahas masalah korupsi.
lagian KPK juga gak bisa berbuat apa-apa kalau agak didukung pemerintahnya.

Unsyarifa delete October 9, 2014 at 8:27 AM

perlu revolusi mental

Ainnul Yaqin delete October 9, 2014 at 10:11 AM

ituu bukan korupsi namanya mbak tapi Politik Dagang :D

Ainnul Yaqin delete October 9, 2014 at 10:12 AM

kalo saya gak mau mbak takut ujung ujungnya jadi nak metal :D

Ainnul Yaqin delete October 9, 2014 at 10:13 AM

hmmm .. memang sudah begini nasib kita sebagai rakyat kecil gan harus bisa menerima keadaan bahwa orang yang berkantong tebal lah yang berkuasa bahkan hukum pun bisa di beli jadi wajar aja kalo makin banyak pejabat yang jadi maling berdasi :v

Andriyatna delete October 9, 2014 at 2:22 PM

Masalah Korupsi tidak akan ada habisnya jika tidak adanya kesadaran diri.
Miris rasanya kalo Negara Tercinta ini penuh dengan masalah Korupsi.

Rianda Prayoga delete October 9, 2014 at 7:51 PM

Proyek bangunan/PU yg suka mengurangi bahan/material bangunan juga bisa dibilang korupsi.. Karena dana operasionalnya uda di potong sendiri

#walidin.net delete October 10, 2014 at 12:48 AM

tambah satu lagi sob, korupsi waktu, heheheee

Kate Libby delete October 10, 2014 at 11:32 PM

Ijin Bookmark dulu yaaa, ntr lanjut bacanya hehe

Andre Kocak delete October 12, 2014 at 2:48 AM

ijin baca ya gan :)

Muhammad Zeer El-Watsy delete October 28, 2014 at 6:46 AM

smoga pemerintah baru kita bisa bersih dari kkn ...aamiin

Muhammad Zeer El-Watsy delete October 28, 2014 at 6:47 AM

untuk perizinan tolong siapkan fc ktp yg masih berlaku

Muhammad Zeer El-Watsy delete October 28, 2014 at 6:47 AM

nah loh, saya termasuk koruptor jadinya

EKA IKHSANUDIN delete October 29, 2014 at 3:46 AM

ternyata banyak sekali yah yg termasuk kategori Korupsi, semoga korupsi di Indonesia sedikit-demi sedikit berkurang dan akhirnya bersih dari kategori di atas ya bang :)

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *