-->

Situs Multi Pengetahuan Meliputi Pendidikan, Informasi Teknologi, Tutorial, Serta Pengetahuan Penting Lainya

Bagian-bagian Sel Saraf Part I

Pada siang hari ini saya akan share tentang Bagian-bagian Sel, mungkin diartikel selanjutnya juga akan saya share tentang ini "sama" tapi penjelasannya berbeda.

Sel saraf adalah sel yang mengantarkan impuls atau rangsangan dari panca indera/reseptor ke otak dan sebaliknya. Sel saraf ini juga bertanggung jawab atas gerak yang refleks.

Biasanya sel-sel saraf yang ini disebut dengan Neuron. Baiklah langsung saja kita menuju kepembahasan tentang bagian-bagian sel saraf.

1. Dendrit
Menurut yang telah saya dapatkan diberbagai sumber, pengertian dari Dendrit ini adalah percabangan dari badan sel saraf yang bentuknya seperti tonjolan sitoplasma yang bercabang dan pendek. Fungsi dari dendrit ini untuk mengantarkan dan menerima rangsangan kebadan sel.

2. Badan Sel
Badan sel adalah bagian utama sel saraf yang mengandung bagian yang umumnya dimiliki sel hewan. Didalam badan sel ini terdapat sitoplasma, inti sel (nekleus), anak inti sel (nukleolus). Fungsi dari badan sel ini adalah untuk menerima impuls atau rangsangan dari dendrit dan kemudian meneruskan ke neurit atau akson.

3. Inti Sel
Bagian-bagian Sel Saraf Part INukleus atau biasa disebut dengan Inti sel ini adalah inti sel saraf yang berguna untuk pengatur kegiatan sel saraf atau neuron. Dibagian inti sel juga terdapat kromosom dan DNA yang berguna untuk mengatur sifat keturunan dari sel-sel tersebut.

4. Neurit
Serabut sel saraf panjang yang merupakan penjuluran sitoplasma badan sel ini adalah neurit. Biasanya sebutan lain dari Neurit ini adalah Akson. Neurit ini hampir mirip (bisa dikatakan mirip) dengan dendrit. Tetapi Neurit hanya ada satu dan ukuranya lebih besar dan juga lebih panjang dibandingkan dengan dendrit.

5. Selubung Mielin
ini adalah selaput pembungkus neurit. Selubung mielin banyak sekali mengandung lemak dan juga bersegmen-segmen. lekukan diantara dua segmen disebut dengan nodus ranvier. Selubung mielin ini dikelilingi oleh sel Schwann.

Sel yang memproduksi selubung mielin disebut sel glial ataupun oligedendrosit. salahsatu dari fungsi atau kegunaan selubung mielin ini adlaah untuk melindungi neurit dari kerusakan dan mencegah impuls bocor. 

Previous
Next Post »

3 komentar

Arif Maulana delete October 26, 2014 at 2:16 PM

semua bagian sel saraf memang sangat penting, jika salah satunya hilang atau tidak berfungsi maka akan merusak keseimbangan tubuh,

Muhammad Zeer El-Watsy delete October 26, 2014 at 3:34 PM

yang masih saya ingat itu dendrit...waktu sekolah dulu pernah dierangkan :D

Abdur rahman delete October 26, 2014 at 11:59 PM

Banyak banget ya bagian-bagian sel saraf dalam tubuh.

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *